Find me on Social Media

Facebook  Twitter 

Selasa, 26 November 2013

Fungsi NoScript

NoScript sendiri adalah sebuah add-ons yang bisa digunakan untuk Firefox, Flock, Seamonkey (Mozilla Punya). Fungsi utama dari NoScript adalah melakukan pengaturan terhadap javascript, java, dan flash yang ada dalam sebuah website, dengan NoScript kita bisa melakukan block atau sebaliknya (untuk cara manual bisa dilakukan melalui menu Tools).

Dengan adanya NoScript ini harapannya kita bisa menjaga keamanan (security) dari adware, spyware, malware yang ada dalam script-script dalam sebuah website tertentu (karena tidak semua script membahayakan). Selain menjaga keamanan, addons NoScript ini juga bisa membantu mengoptimalkan browser Firefox, karena dengan melakukan block terhadap script tersebut otomatis proses loading akan lebih cepat, dan kita tidak kuatir dengan script iklan yang kadang cukup mengganggu (sebagai contoh iklan yang tiba-tiba muncul di depan, atau iklan yang menghalangi materi yang sedang dibaca).

 Tetapi, jika kita tahu dan yakin bahwa website yang sedang atau akan dibuka adalah sebuah website yang aman dan tidak bermasalah (tidak terlalu banyak pop up iklannya mungkin), maka kita bisa memasukan website tersebut ke dalam kelompok trusted website dan membuka block script pada website tersebut.

 Untuk melepas block pada sebuah website bisa dilakukan dengan mengklik kanan ikon NoScript yang ada di pojok kanan bawah browser dan memilih Allow … (nama website), atau bisa juga dipilih script mana saja yang diijinkan dari website yang bersangkutan (Allow all this page berarti mengijinkan atau membuka semua block yang ada).


Untuk pengaturan lebih lanjut kita bisa masuk ke menu Options, kemudian masuk ke tab menu Whitelist dan kita masukkan alamat website yang bisa diakses tanpa block.


Sebagai contoh berikut ini adalah halaman CNN.com, yang pertama adalah semua script yg dibuka blocknya dan kedua adalah semua script yg diblock.




Karena tidak semua script itu berbahaya, karena script itu sendiri banyak digunakan dalam sebuah website seperti misalnya fungsi sistem login, visualisasi menu, tampilan, dan lain sebagainya, maka jika kita yakin bahwa websitenya normal maka sebaiknya jangan diblock (karena kalo diblock juga maka contoh fungsi-fungsi tersebut tidak bisa berjalan).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Imam agus faisal. Diberdayakan oleh Blogger.